BESARAN GAJI YANG DITERIMA SAAT MENJADI PENGADIL DI LAPANGAN

Berapakah Gaji yang didapat Oleh Wasit Indonesia Dalam Mengawal Satu Pertandingan

Sudah menjadi rahasia umum, walau sering dituding menjadi dalang dari pengaturan skor di lapangan, Wasit Indonesia tergolong profesi yang lumayan bayarannya. Kabarnya gaji yang di terima pengadil di lapangan hijau dari negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand, lebih rendah dibandingkan dengan wasit di Indonesia. Mestinya dengan kondisi seperti itu tidak adalagi praktik suap yang menyerang wasit tanah air.


Bayaran wasit di sepak bola Indonesia
Para pengadil lapangan hijau di Indonesia menerima bayaran sebesar 5 juta per laga. Sementara, untuk asisten wasit dibayar Rp 3 juta dan wasit keempat di upah Rp 1,5 juta. Jumlah tersebut juga bisa dikatakan sebagai pendapatan bersih. Sebab, pearlatan sampai dengan akomodasi di tanggung oleh federasi. Meski jumlahnya lumayan, jika dilihat dari resiko memimpin laga di Liga Indonesia harusnya jumlah itu masih perlu di tingkatkan lagi.


Tarif wasit pemimpin laga di Italia bisa dapatkan 1 Kawasaki Ninja 250
Bicara soal tarif bayaran pengadil di lapangan, ternyata apa yang di terima wasit di Asia Tenggara tidak bisa di bandingkan dengan, mereka yang berprofesi sama di Italia. Wasit di Italia khususnya wasit Serie A setiap laganya menerima upah sebesar 3800 Euro yang bila di Rupiah kan setara dengan Rp 60 juta, kemudian asisten menerima Rp 16 juta dan yang bertugas di VAR menerima upah sebesar Rp 11 juta. Jumlah akan berbeda lagi jika wasit itu memimpin di pertandingan Copa Italia, dimana yang bertugas dibayar sesuai dengan tingkatan babak. Babak awal seharga 16 juta, perempatfinal 24 juta, semifinal 40 juta, dan final mereka akan di hargai 60 juta.


Nilai yang Fantastis bagi wasit yang memimpin di ajang Piala Dunia
Walaupun bayaran wasit saat memimpin laga domestik tergolong luar biasa, namun itu semua masih kalah bila dibandingkan dengan apa yang di dapat oleh pengadil lapangan hijau di ajang Piala Dunia. Wasit yang memiliki reputasi tinggi dari berbagai negara akan menerima bayaran 57.000 Euro atau setara dengan Rp 963 juta. Dan bagi mereka yang menjadi asisten akan mendapatkan bayaran 20.000 Euro (Rp 338juta). Kalau di tinjau dari besar ajang dan resikonya, wajar bila para wasit Piala Dunia mendapatkan bayaran yang besar. Pasalnya, kalau wasit melakukan kesalahan bukan klub atau pun pendukung yang dirugikan, wasit bisa merugikan 1 negara jika melakukan keputusan yang salah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KLUB SEPAKBOLA YANG SELALU MENGGUNAKAN SATU DESAIN YANG SAMA

BANGSAPOKER AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA 2019

Indonesia Masters 2019: Fajar / Rian dan Della / Rizki Jadi Andalan Tuan Rumah